Logging Geoteknik Sbd 505, Monitoring Time Domain Reflectometry (TDR) Sbd 505, Serta Monitoring Inclinometer Sbd 356, Sistem Tambang Terbuka PT. Newmont Nusa Tenggara

ABSTRAK

Albab. Ulul. 2008. Logging Geoteknik Sbd 505, Monitoring Time Domain Reflectometry (TDR) Sbd 505, Serta Monitoring Inclinometer Sbd 356, Sistem Tambang Terbuka PT. Newmont Nusa Tenggara. Laporan Kerja Praktek, Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

PT. Newmont Nusa Tenggara mengaplikasikan sistem penambangan permukaan (Surface Mining) dengan metode Open Pit. Tampilan dari metode Open Pit yaitu berupa kawah. Semua aktifitas penambangan seperti Blasting, Digging, Hauling, Loading, Surveying (pengukuran dan pemetaan), dan berbagai aktifitas lainnya dilakukan di dalam pit.

Logging geoteknik merupakan teknik dalam merekam data litologi, alterasi, mineralisasi dan struktur geologi terhadap core yang dihasilkan selama tahap pengeboran. Logging geoteknik bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat geologi batuan, termasuk didalamnya struktur geologi sehingga dapat diketahui keadaan geologi bawah permukaan seperti fracture, fault, shear, komposisi mineral, kekerasan batuan, alterasi, dan weathering dimana data-data ini diperuntukkan untuk desain tambang pada PT. Newmont Nusa Tenggara.

Fungsi utama dari logging geoteknik adalah untuk mendapatkan data sifat fisik/properties batuan yang hasilnya digunakan untuk merekomendasikan penambangan dalam pit (baik open pit maupun underground) dan fungsi kesetabilan lereng sehingga bisa ditentukan bentuk dan kemiringan (slope) lereng yang akan ditambang. Aspek – aspek geoteknik yang diambil dari sampel core yang dihasilkan dari proses pengeboran, di catat pada suatu lembar kegiatan. Secara garis besar lembar tersebut dibagi menjadi 4 kolom yaitu: Kolom Drill Run Data, Kolom Rock Mass Data, Discontinuity Data, Kolom Comments. Selain dari keempat kolom tersebut, aspek lain yang juga diperhatikan adalah penarikan garis orientasi, penarikan ini diperlukan untuk memudahkan dalam mengukur sudut alfa/beta dan mengetahui posisi bawah dari core hasil pengeboran. Kemudian, dalam memonitoring kedalaman pergerakan massa batuan atau lereng di bawah permukaan menggunakan alat yang bernama Time Domain Reflectometry (TDR).

Dari analisa geoteknik tersebut dapat mengetahui kondisi batuan, nilai RQD, jenis litologi batuan, arah dominan struktur geologinya.

Kata kunci : geoteknik, Logging Geoteknik, PT. Newmont Nusa Tenggara.

Penulis:

Ulul Albab

Hp: +6285640935356

Email: ulul_geologist@yahoo.co.id

<nb: hak cipta berada pada penulis, bila ingin meggunakan mohon izin secara tertulis terlebih dahuu dengan penulis, thnx>

Download File’s Completed

3 thoughts on “Logging Geoteknik Sbd 505, Monitoring Time Domain Reflectometry (TDR) Sbd 505, Serta Monitoring Inclinometer Sbd 356, Sistem Tambang Terbuka PT. Newmont Nusa Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s